13 Februari 2008

Tahu Sumedang makanan kegemaran Bp. Presiden Susilo Bambang Y.

Resep Tahu Telur Kegemaran SBY

Ibu Budi, juru masak Istana, tengah mengolah makanan untuk Presiden SBY dan keluarga. (foto: mit/presidensby.info)
Ibu Budi, juru masak Istana, tengah mengolah makanan untuk Presiden SBY dan keluarga. (foto:mit/presidensby.info)

Banyak orang mengira bahwa makanan yang disajikan untuk santapan sehari-hari Presiden adalah makanan mewah yang sulit untuk dibuat dan membutuhkan bahan-bahan yang mahal. Hal tersebut bertentangan dengan makanan-makanan yang dihidangkan untuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Makanan khas nusantara adalah makanan yang paling digemari oleh Presiden SBY dan keluarga.

Menurut Juru Masak Istana Ibu Atun Budiono, SBY sangat menyukai menu makanan yang berbahan tahu dan tempe, nasi goreng, soto bangkong serta empal gentong. "Cara membuatnya gampang, bahan-bahannya juga sangat mudah dicari di pasar lokal, karena di pasar lokal kualitas bahannya masih bagus dan segar," ujar Ibu Atun Budiono yang lebih akrab dipanggil Ibu Budi.

Karena SBY gemar mengkonsumsi tahu, maka Ibu Budi selalu membuat variasi makanan yang berbahan tahu di menu makanan sehari-hari. Antara lain Tahu Bumbu Rujak, Tahu Gunting, Tahu Bakso dan Tahu Telur. "Untuk membuat variasi menu, saya sering mencoba membuat menu-menu makanan baru dari buku resep atau membuat menu baru dari kreasi saya sendiri. Saya juga suka mencoba makanan kegemaran Bapak (SBY) di tempat-tempat lain, kemudian mencoba membuatnya. Pada akhirnya, Bapak malah lebih suka makanan yang saya buat, karena lebih mantap rasanya," Ibu Budi bercerita dengan wajah gembira.

Salah satu menu kreasi Ibu Budi yang sering dipuji oleh SBY adalah Tahu Telur. Untuk itu, kali ini Ibu Budi mejelaskan sedikit mengenai resepnya yang digunakan untuk membuat Tahu Telur untuk disajikan kepada Presiden di salah satu menunya. Selamat mencoba!

Bahan - bahan untuk Tahu Telur
- 5 buah "Tahu Sumedang"
- 3 butir telur
- 1 sendok tepung roti
- 1 siung bawang putih
- 2 lembar kol
- 3 batang seledri
- 1 genggam kacang tanah goreng
- garam secukupnya
- minyak goreng secukupnya

Bahan - bahan untuk Saus Kecap
- 1 ons gula jawa
- 10 sendok makan kecap manis
- 4 jeruk limau
- 20 cabe rawit merah
- 6 siung bawang putih

Cara memasak Tahu Telur:
1. Giling halus bawang putih, campurkan dengan telur, bawang putih, garam serta tahu Sumedang yang sudah dipotong kecil berbentuk dadu.
2. Panaskan sedikit minyak pada wajan, lalu masukkan sedikit demi sedikit adonan, sehingga berbentuk bulat kecil. Masak hingga matang, tempatkan di atas piring.
3. Iris halus daun kol serta seledri. Giling kasar kacang tanah goreng. Taburkan semuanya di atas tahu telur.

Cara membuat Saus Kecap:
1. Rebus 100 CC air dengan gula jawa, kecap manis dan sari jeruk limau.
2. Giling halus cabe rawit dan bawang putih, kemudian campurkan ke dalam rebusan air. Aduk hingga rata.
3. Tunggu sampai matang, kemudian disiram di atas Tahu Telur. (mit)

http://www.presidenri.go.id/index.php/sudutistana/2007/06/04/42.html

Tidak ada komentar: